Rabu, 26 September 2012

Gejala alam di Indonesia dan di ASEAN


Gejala alam di Indonesia dan di ASEAN
Cuaca dan iklim
Cuaca adalah keadaan udara pada suatu saat dan pada suatu tempat atau daerah yang sempit. Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca dalam jangka panjang dan meliputi wilayah yang relative luas. Unsure-unsur cuaca dan iklim adalah temperature udara, kelembapan udara, dan tekanan udara.
Letak astronomis, geologis, dan geografis
Secara astronomis, ASEAN terletak pada 29° LU dan 6° LS, berdasarkan garis bujur terletak pada 93° BT dan 141° BT. Dengan letak astronomis tersebut menjadikan suhu rata-ratanya selalu tinggi. Akhirnya terjadi pemanasan yang cukup tinggi, penguapan yang besar, dan curah hujan yang cukup tinggi. Secara geologis sebagian wilayah ASEAN dilalui oleh rangkaian Pegunungan Muda Mediteranian, jalan lalu lintas yang menghubungkan Samudra Pasifik dengan samudra Hindia.
Tsunami
Tsunami adalah gelombang air yang sangat besar yang dibangkitkan oleh bermacam-macam gangguan di dasar samudra. Gangguan ini berupa gempa, pergeseran lempeng atau gunung meletus.
Gunung Meletus
Gunung meletus ditandai dengan peristiwa keluarnya magma dari dalam gunung api yang disertai bahan-bahan padat, cair, dan gas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar