Rabu, 26 September 2012

Keadaan alam Indonesia dan Negara tetangga


Keadaan alam Indonesia dan Negara tetangga

Indonesia
Indonesia memiliki 17.508 pulau, sekitar 6000 diantaranya tidak berpenghuni, menyebar di sekitar khatulistiwa dan beriklim tropis. Indonesia memiliki 5 pulau besar, yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Irian Jaya. Indonesia memiliki lebih dari 400 gunung berapi dan 130 di antaranya termasuk gunung berapi aktif. Indonesia merupakan tempat pertemuan antara dua rangkaian gunung berapi aktif dan terdapat puluhan patahan aktif di wilayah Indonesia. Suhu udara di dataran rendah berkisar antara 23°C-28°C sepanjang tahun. Terdapat salju abadi di puncak pegunungan di Irian Jaya, seperti Puncak Trikora (Mt. Wihelmina, 4730m) dan Puncak Jaya Wijaya (Mt. Cartenz, 5030m) dan terdapat dua musim di Indonesia yaitu : musim kemarau dan musim hujan.

Malaysia
Malaysia terdiri atas dua kawasan utama yang terpisah oleh laut cina selatan. Pada bagian tepi laut yang landai, terdapat hutan tebal dan bukit bakau. Malaysia terdiri atas wilayah Malaysia barat (semenanjung melayu) dan Malaysia timur (serawak dan sabah). Wilayah Malaysia sebagian berupa pegunungan dan pantainya berupa rawa-rawa, gunung tertingginya adalah Gunung Kinibalu. Malaysia beriklim tropis dengan suhu rata-rata 27°C.

Singapura
Singapura merupakan negara kepulauan. Pulau singapura dengan ukuran panjang 41,8 km dan lebar 22,9 km merupakan pulau terbesar di negara itu. Hamper semua wilayahnya berupa dataran rendah. Suhu udara di singapura rata-rata 26°C. di singapura ada musim penghujan dan musim pancaroba.

Fillipina
Fillipina merupakan negara kepulauan. Jumlah pulaunya sekitar 7100 pulau. Pulau pulau di fillipina di kelompokkan menjadi empat kelompok yaitu : Pulau Luzon, Kepulauan Viyasan, Kepulauan Mindanao, serta Kepulauan Palawan dan Sulu. Sebagian besar wilayah Fillipina berupa pegunungan dan gunung api yang terdapat di Fillipina adalah Gunung Mayon, Gunung Taal, dan Gunung Pinatubo. Fillipina beriklim tropis dengan suhu rata-rata 24°C-30°C. Sekitar 40% wilayah Fillipina berupa hutan yang menonjol antara lain : kayu bonian, kayu cedar, kayu eboni, kayu pinus dan kayu mahoni.

Kamboja
Bagian tengah wilayah kamboja adalah berupa daratan yang luas. Lebih dari 60% wilayahnya berupa hutan. Kamboja beriklim tropis. Sungai-sungai penting di Kamboja adalah Sungai Mekong dan Sungai Tanle.

Brunei Darussalam
Brunei Darussalam terletak di pulau Kalimantan bagian utara. Sebagian besar wilayahnya berupa daratan, daerah pantainya berawa-rawa dengan ditumbuhi pohon bakau. Brunei Darussalam beriklim tropis dengan suhu sekitar 23°C-32°C.

Thailand
Thailand di bagian utara dan baratnya merupakan pegunungan. Pohon jati banyak tumbuh di pegunungan utara, dataran rendahnya di bagian tengah Thailand. Negara ini beriklim tropis dan sungai-sungai utamanya adalah Sungai Phraya, Sungai Chi, Sungai Mun.

Myanmar
Lebih dari separuh wilayah Myanmar berupa daratan rendah yang terletak di lembah sungai Irawadi, lembah itu dikelilingi oleh pegunungan. Sungai Irawadi dan Sungai Salween merupakan sungai utama di Myanmar. Wilayah Myanmar beiklim tropis.

Laos
Laos merupakan satu-satunya negara di ASEAN yang tidak berbatasan dengan laut. Wilayah laos merupakan pegunungan dan sungai Mekong merupakan sungai utama. Daerah pertanian terpenting terletak di daerah Lembah Sungai Mekong. Laos memiliki iklim tropis.

Vietnam
Wilayah Vietnam bagian utara merupakan pegunungan, sedangkan bagian selatan berupa dataran rendah yang subur. Gunung-gunung yang ada di wilayah Vietnam adalah Gunung Ngoc dan Gunung Chu Yang Sin. Vietnam memiliki iklim tropis.

Australia
  1. Australia bagian barat
Daerah ini umumnya kering dan tandus. Terdapat gurun-gurun pasir seperti gurun sandy, gurun Gibson dan gurun Victoria. Australia memiliki iklim tropis, iklim sedang dan iklim gurun.
  1. Australia bagian timur
Daerahnya berbentuk pegunungan dengan dataran tinggi yang membentang sepanjang pantai timur dengan arah utara-selatan dan disebut Pegunungan Biru. Terdapat Pegunungan Alpen Australia.
  1. Australia bagian tengah
Daerahnya terdiri atas dataran rendah yang terbentang sampai ke pantai selatan. Dataran ini disebut dataran Muray-Darling karena dialiri sungai muray dan sungai darling. Terdapat pegunungan Macdounel dan pegunungan Flinders serta terdapat danau Eyre, danau Torens dan danau Gairder.
  1. Australia bagian selatan
Daerahnya berupa dataran rendah membujur sepanjang pantai selatan Australia. Di sebelah selatan Australia terdapat Pulau Tasmania yang dipisahkan oleh selat bass.
  1. Australia bagian utara
Daerah ini mempunyai relief agak kasar berupa dataran tinggi dan pegunungan.

Papua Nugini
Pegunungan yang berada di wilayah papua nugini membujur dari barat sampai ke timur. Bagian tengah terdapat Pegunungan Bismarck dank e ujung timur adalah Pegunungan Owen Stanley. Bagian selatan Papua Nugini terdiri atas dataran rendah yang luas dan berawa-rawa. Sungai terbesar di Papua Nugini seperti sungai Fly dan sungai Sepik. Papua Nugini berada di daerah khatulistiwa dan negara ini beriklim tropis yang panas dan lembab.

Timor Leste
Timor Leste mempunyai luas wilayah 13.874 km². Negara ini terletak di sebelah tenggara Indonesia. Timor Leste memiliki banyak gunung dan hutannya yang lebat. Di daerah pantainya terdapat dataran dan lembah. Daerah dataran dan lembah memiliki iklim padang rumput tropis dan daerah lainnya memiliki iklim hujan tropis.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar